Senin, 09 Maret 2009

Dengan Modal Kecil Tetap Bisa Berusaha

Tulisan kali ini terus terang tidak saya peroleh dari ulasan dan hasil pengamatan serta pengalaman pribadi saya dari mendatangi si obyek cerita, akan tetapi terinspirasi setelah membaca dari sebuah majalah, yang memang bagi saya cukup menarik untuk kita simak dan ikuti proses dan lika-liku jalannya menuju sebuah keberhasilan. Tidak selamanya sebuah usaha itu harus menggunakan modal yang besar, karena dengan modal yang kecil jika dapat kita tekuni dan dijalankan dengan kesungguhan hati akan mendapatkan hasil yang menggemberikan, yang tentunya harus dibarengi dengan kesabaran dalam melakukannya.

Untuk memulai sebuah usaha ternyata tidak membutuhkan modal yang besar atau mahal, cukup dengan modal ratusan ribu saja, dengan sebuah ketekukan dalam berusaha ternyata mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Dan secara kebetulan salah satu dari sekian gambaran usaha ada salah satu jenis usaha yang bisa memberikan satu inspirasi untuk mencoba dan mengikutinya, karena mungkin cenderung lebih mudah dibandingkan yang lainnya.

Karena inspirasi itu bisa muncul kapan-pun dan dimana-pun, dalam keadaan hujan, terik, panas atau dingin. Untuk peluang usaha yang coba digambarkan disini memang diperlukan sebuah kreatifitas dan jiwa seni tersendiri, sehingga mampu menghasilkan sebuah karya yang menarik untuk dimiliki. Perkembangan komunitas dan hubungan antar manusia juga perbengaruh terhadap pola hidup serta hubungan antar masyarakat itu sendiri, sehingga menyebabkan kreatifitas seseorang akan terhenti karena kesibukan dan sebagainya, dan jika kita mampu menangkap hal itu maka akan menjadi sebuah peluang usaha. Pernahkan terpikir dalam benak kita bahwa betapa penting-nya Bungkus Kado pada saat ramai-ramainya hajatan (ulang tahun, pernikahan, sunatan atau apalah). Dan jika harus membungkus kado ternyata kita merasa kesulitan karena tidak memiliki kemampuan atau jiwa seni dalam membungkus-nya, kelihatannya sepele akan tetapi menjadi sebuah permasalahan jika kita tidak mampu membungkus kado tersebut dengan cantik dan manis.

Namun tentunya kita tidak perlu direpotkan lagi jika dibeberapa toko sudah tersedia Tas Kado (tas yang dibuat sedemikian rupa dari bahan kertas untuk tempat kado). Yang ternyata hal itu akan menjadi sebuah peluang bisnis yang menarik jika kita mampu mengelolanya, akan tergantung dari semangat kita untuk mencoba mengawalinya, tidak ada salahnya jika berawal dari mencoba terus banyak yang meminta akhirnya bisa jadi awal sebuah usaha. Dan untuk memberikan ilustrasi seperti apa hitungan biaya dan keuntungannya, sebuah ilustrasi sederhana dapat disampaikan sebagai berikut :

Perhitungan diatas hanya sebatas ilustrasi sederhana, dimana harga bahan akan tergantung dari waktu dan lokasi kita berusaha, akan tetapi untuk proses perhitungan tentunya tidak mengalami suatu perubahan. Dan ini ada beberapa contoh Tas Kado yang dari beberapa sumber :

sumber : warnakaryaindah

Tidak ada komentar:

Menjadi Peduli Itu Nikmat

Peduli, satu kata berjuta makna, jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia Peduli lebih dimaknai sebagai sebuah arti memperhatikan , walau ...