Kamis, 24 Agustus 2017

Menjadi Peduli Itu Nikmat


Peduli, satu kata berjuta makna, jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia Peduli lebih dimaknai sebagai sebuah arti memperhatikan, walau sebenarnya memiliki arti yang lebih dalam. Peduli adalah sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita. Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya.

Orang - orang yang memiliki rasa peduli biasanya memiliki rasa welas asih yang tinggi, karena tidak akan tinggal diam melihat kondisi lingkungan sekitarnya, ia akan selalu bergerak dan bertindak untuk bisa memberikan hal yang positif terhadap sesuatu yang dilihatnya jika tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya harus terjadi. Namun orang - orang yang memiliki kepedulian tentunya adalah orang - orang yang berjiwa besar, memiliki kepekaan sosial yang tinggi, karena untuk melakukan menggerakkan hati untuk peduli di butuhkan keluasan waktu dan pikiran bahkan harta yang harus di korbankan, untuk sebuah tujuan mulia.

Rasa peduli dan bentuk kepedulian di negeri ini sudah demikian bergeser karena orang - orang yang memilki kepekaan sosial makin berkurang, kepekaan sosial yang pada dasarnya merupakan sifat dasar manusia telah terkikis oleh perkembangan pola pikir, pola hidup dan pola bermasyarakat. Rasa peduli manusia sekarang ini akan muncul jika diperhatikan, jika di hargai, jika mendapatkan penghargaan dari orang lain, bukan atas kehendak nurani dengan landasan rasa ikhlas. 

Semoga rasa kepedulian kita akan tetap terjadi, peduli dengan hati yang di dasari rasa ikhlas, bukan peduli karena pamrih ingin dihargai, ingin disanjung.  Mari belajar untuk terus peduli dengan sebuah ke-ikhlasan tanpa sebuah pamrih, maka akan kita temukan kenikmatan yang luar biasa, karena peduli itu nikmat. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Menjadi Peduli Itu Nikmat

Peduli, satu kata berjuta makna, jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia Peduli lebih dimaknai sebagai sebuah arti memperhatikan , walau ...