Minggu, 25 Januari 2009

Kota Blitar Sebagai Tujuan Wisata

Blitar dulu saya hanya tahu dari buku-buku sejarah, bahwa Blitar adalah kota kelahiran dan peritirahatan terakhir Ir. Soekarno (Presiden Republik Indonesia yang pertama), Blitar juga terkenal dengan pemberontakan PETA yang di pimpin Sudanco Supriyadi. Namun sejak tahun 1994 ketika pertama kali saya menginjakkan kaki di kota kecil yang penuh dengan nuansa sejarah bangsa ini, dan juga kota yang begitu nyaman dan dengan masyarakat yang rukun damai, jarang sekali terdengar ada gejolak.

Lambat laun seiring waktu, ternyata saya merasa kerasan juga hidup di Kota PATRIA (sebutan kota Blitar) ini, dan ternyata Kota Blitar di kelilingi dengan berbagai potensi alam dan masyarakat yang begitu dinamis dan humanis serta harmonis. Dan merasa lebih kerasan lagi karena Tuhan memberikan jodoh gadis Blitar juga, sehingga Blitar merupakan tanah air kedua bagiku setelah Gunungkidul Yogyakarta.

Kota Blitar merupakan salah satu daerah di wilayah Propinsi Jawa Timur yang secara geografis terletak diujung selatan Jawa Timur dengan ketnggian 156 m dari permukaan air laut, pada koordinat 112° 14 - 112° 28 Bujur Timur dan 8° 2 - 8° 10 Lintang Selatan, memiliki suhu udara cukup sejuk rata-rata 24° C- 34° C karena Kota Blitar berada di kaki Gunung Kelud dan dengan jarak 160 Km arah tenggara dari Ibukota Propinsi Surabaya. (Sumber www.blitar.go.id).

Pembangunan Kota Blitar dari tahun ketahun terus menunjukkan peningkatan yang baik dan mengagumkan, hanya memang masih perlu banyak pembenahan dan optimalisasi dari semua segi kehidupan, terutama menggali potensi yang masih belum banyak tergali hingga saat ini, namun apa yang dimiliki Kota Blitar saat ini sudah cukup membuat bangga warga masyarakat-nya. Adapun potensi-potensi wisata di Kota Blitar antara lain :
  1. Makam Bung Karno;
  2. Perpustakaan Bung Karno yang bertaraf Internasional;
  3. Makam Aryo Blitar yang merupakan Bupati Pertama Blitar dan pendidi Kota Blitar;
  4. Water Park (eks Sumber Udel);
  5. Hutan Kota Kebon Rojo;
  6. Istana Gebang (rumah masa kecil Bung Karno);
  7. Makam Gantung Pringgodigdan;
  8. Gua Maria;
  9. Kampung Wisata;
Kesembilan tempat wisata tersebut belum semua-nya dapat dimaksimalkan, namun cukup indah dan menarik untuk di kunjungi. Sehingga tidak berlebihan jika Kota Blitar bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Blitar. Dan mungkin dalam kesempatan berbeda akan di urai satu persatu tempat wisata di Kota Blitar tersebut.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ingat kota Blitar pasti inget makamnya bung Karno soalnya , banyak yang berkunjung ke sana termasuk alm. ibuku

Yudishtira mengatakan...

datang dan kunjungi mbak.. nggak akan rugi kok.. nah kalo ke blitar silakan mampir... dengan tangan terbuka.. kami terima.. he..he.he

Menjadi Peduli Itu Nikmat

Peduli, satu kata berjuta makna, jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia Peduli lebih dimaknai sebagai sebuah arti memperhatikan , walau ...