Jumat, 18 Januari 2008

Ternyata Padi Bukan Hanya Sebatas Makanan Pokok

Kita tahu apa yang namanya padi khan.. akrab dengan kita dan tentunya juga tidak akan jauh dari keseharian kita, karena itu bahan pokok untuk akhirnya jadi beras yang kita nikmati dalam keseharian.. berarti padi ini juga merupakan sumber kehidupan buat kita.

Namun lebih jauh dari itu padi menyimpan misteri dan juga filosofi yang bisa kita tanamkan dalam kehidupan kita tentunya, dan akan menjadikan hidup kita ini tenang, damai dan bisa dijadikan salah satu sarana dalam memahami arti kehidupan yang sebenarnya.

Rekan member yang terhormat, terkasih, tercinta dan tersayang.. yuk kita mencoba untuk merenung sejenak agar dalam kehidupan ada satu etika yang menciptakan satu tips dalam hidup.. kita coba telaah lebih jauh makna dan arti padi yang bukan sekedar makanan pokok..

1. Petani menanam padi pasti tumbuhnya padi; walaupun di kanan kiri akan tumbuh juga rumput; tapi padi tetap akan menghasilkan buat petani itu sendiri asalkan petani itu dengan ikhlas dan sabar selalu membersihkan rumput-rumput itu; dan jika kita menanam rumput sudah tentu tidak akan tumbuh padi;

Artinya...
Apa yang kita berikan pada orang lain itu yang akan kita nikmati, walaupun terkadang tidak jarang kita mendapatkan cobaan dan rintangan dalam mewujudkanya, namun jika kita ikhlas dan sabar dalam menjalaninya maka kita tetap akan mendapatkan yang kita impikan, maka tanamkanlah kebaikan agar kita memetik kebaikan itu juga.

2. Petani menanam padi itu semakin tua dan berisi, padi itu akan semakin merunduk dan merunduk, menandakan bahwa padi itu isinya banyak dan bisa memberikan kehidupan untuk orang lain.

Artinya.
Semakin dewasa, pinter, banyak pengetahuan dan pemahaman akan sesuatu hal, sudah sewajarnya jika kita semakin mengerti dan paham pada diri sendiri, sehingga kita tidak menjadikan pengetahuan, kepandaian dan kepintaran kita untuk menyombongkan diri; tidak usah mengatakan "INILAH AKU" orang lain akan tahu dengan sendirinya karena kita santun, rendah hati dan bisa menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Maka jadikanlah padi itu sebagai satu filosifi dalam hidup karena semakin matang, dewasa dan bertambahnya pengetahuan kita semakin merunduk rendah hati dan sabar serta semakin ikhlas dalam menjalani kehidupan; akan menjauhkan kita dari kesombongan, iri hati dan benci sama orang lain dan bisa menerima serta yang terpenting adalah menjadi orang yang pemaaf dan pandai bersyukur

Saya sendiri masih dalam taraf belajar untuk tetap mengerti dan menjalankan filosifi dari padi.

Tidak ada komentar:

Menjadi Peduli Itu Nikmat

Peduli, satu kata berjuta makna, jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia Peduli lebih dimaknai sebagai sebuah arti memperhatikan , walau ...