Jumat, 25 Januari 2008

Se-andainya Saya Bisa Membesarkan Ulang Anak Saya

Hari Kamis, tanggal 24 Januari 2008 ada undangan dari Playgroup Jagoanku (Rafi) untuk mengambil raport hasil belajarnya..

Terasa begitu bangga karena inilah pertama kali sepanjang hidup-ku, aku benar-benar merasakan sebagai wali murid anakku sendiri; jika dulu pernah menjadi wali murid itu masih sebatas keponakan, adik dan putra-putri dari saudara...

Sehingga ada rasa yang begitu berbeda walau masih play group..., yang ternyata dalam raport itu banyak hal yang dievaluasi dan dinilai terutama tentang perkembangan si kecil, yang hasilnya... hmmm Alhamdullilah tidak mengecewakan.

Dalam buku raportnya terselib selembar kertas berwarna merah jambu.... dan ternyata berisi puisi yang ditulis oleh Diane Loomans... isinya begitu bagus menurutku.. dan memberikan satu pemahaman serta kesadaran bagaimana memposisikan diri sebagai orang tua dalam menghadapi anak-anak...

Seandainya Saya Bisa Membesarkan Ulang Anak Saya....

saya akan lebih banyak bermain cat
dan mengurangi main perintah

saya akan lebih sedikit mengoreksi
dan lebih banyak mengait-ngaitkan

saya akan sedikit menghitung-hitung waktu
dan lebih banyak memerhatikan

saya akn mengurangi main selidik
dan lebih banyak memperhatikan

saya akan mengurangi bersikap serius
dan lebih banyak bermain-main

saya akan lebih sering bermain di lapangan
dan lebih banyak mengamati bintan-bintang

saya akan lebih banyak memeluk
dan sedikit membentak

saya tidak akan banyak melarang-larang
dan lebih banyak mengiyakan

saya akan lebih dulu membangun harga dirinya
sebelum membangun rumah

saya akan lebih sedikit mengajarkan cinta dan kekuatan
dan lebih banyak mengajarkan kekuatan cinta

Dari puisi diatas... ada pesan yang dalam tentang bagaimana orang tua bersikap dan bertindak pada anak-anaknya...
semoga aku dan isteriku bisa menjadi orang tua yang baik dan bijaksana bagi anak-anakku... amin....


1 komentar:

Anonim mengatakan...

seandainya aku bisa membesarkan anakku sekali lagi

Menjadi Peduli Itu Nikmat

Peduli, satu kata berjuta makna, jika dalam kamus besar Bahasa Indonesia Peduli lebih dimaknai sebagai sebuah arti memperhatikan , walau ...